design website semarang header

desain website

Design Website adalah salah satu cabang seni terkini yang mencakup seni rupa elektronik 2 dimensi yang mungkin kelak akan berkembang menjadi 3 dimensi. Bagaimana tidak, karena banyaknya bidang yang harus dipahami selain bahasa pemrograman dasar seperti html, php dan bahasa scrip, presentasi tentang rupa dasar 2 dimensi seperti warna, bentuk tampilan, resolusi pada layar bahkan resolusi pada setiap operating sistem yang ada pasa dewasa ini seperti pada android. Ditambah lagi dengan mengerti akan bahasa mesin non manusia, biasa kita disebut laba-laba mesin pencari yang tiap hari datang untuk mengumpulkan data terupdate dari website kita.

Mengerti akan konten yang disajikan meskipun menyediakan konten website bukanlah keharusan dari penyedia jasa website. Jasa website Semarang hanyalah membuatkan website, sedangkan yang menyediakan materi konten adalah pemilik, karena pemilik lebih memahami tentang materi yang mereka miliki dan hendak disajikan/ dipresentasikan dalam tampilan website.
 

Perkembangan Design Website

Perkembangan design website terus terjadi sejak awal mula ditemukannya website. Dahulu website hanya sebagai media statis berextension html, dan hanya berfungsi seperti lembar pengumuman saja. Namun hari ini website bisa dijadikan media komunikasi seperti jejaring sosial, penyimpan data yang bisa dijadikan sarana komunikasi dari penguna berbagai belahan penjuru dunia. Memutar multi media tidak hanya suara atau scrol animasi, namun video pun diputarnya meskipun dengan jumlah frame perdetik yang tidak kecil, luar biasa.

Design website berkembang sesuai dengan kebutuhan teknologi dan juga daya serap pasar yang menggunakannya.
 

Jasa Design Website

Jasa design website membuatkan design website dan menjadikannya media online yang siap akses. Design website di Indonesia pada umumnya menggunakan CMS dengan memasang tema website kemudian menyesuaikan/ mengkustom tema tersebut sehingga sesuai dengan kebutuhan klien.

Ada juga jasa design website yang membuat website mulai dari awal scrip tanpa menggunakan CMS yang ada pada umumnya, namun hal ini tentu akan memerlukan update sistem yang berkesinambungan agar website dapat selalu selaras dengan perangkat lunak di server. Pemasangan extensions seperti plugin, komponen, modul bahkan tema yang dipasang tidak akan mudah didapatkan seperti apabila kita menggunakan CMS yang umum dipakai.

Jasa design website mempunyai batasan pekerjaan pembuatan website sampai jadi, tidak sampai dengan melakukan maintenance/ perawatan website. Maintenance website adalah kontrak terpisah dari jasa design dan pembuatan website.

 

Menggunakan Jasa Design Website

Menggunakan jasa pembuatan website mempermudah kita untuk memiliki website sebagai sarana presentasi dan promosi online. Pembuatan website dengan cepat, tepat serta tidak sulit akan kita dapatkan tanpa harus memahami dan melakukan sendiri registrasi domain TLD internasional seperti dot com, net, org, info, biz dan lain sebagainya. Mendapatkan sewa menggunakan fasilitas server dalam jangka waktu minimal 1 tahun, memperoleh media online yang bisa diakses secara global/ internasional.
 

Domain dan Hosting Untuk Website

Domain sebenarnya adalah alamat akses website bukan milik kita yang dikelola oleh lembaga internasional, jasa pembuatan website hanya membantu meregistrasikan saja sehingga bisa digunakan untuk akses website kita. Penggunaannya biasanya pertahun berbayar dan harus melakukan pembayaran lagi pada tahun berikutnya apabila kita masih ingin menggunakan alamat domain tersebut. Begitu pula dengan sharing server yang dipakai untuk file website kita akan ada perpanjangan pada tiap tahunnya untuk bisa menggunakan kembali.

Perpanjangan domain dan hosting/ sharing server dilakukan oleh jasa design website sehingga pengguna website akan mendapatkan kemudahan. Biaya perpanjangan pada tahun ke-2 pasti akan lebih murah apabila dibandingkan dengan pada saat pembuatan website di tahun pertama.
 

Design Website Sebagai Langkah Awal

Membuat perencanaan yang matang akan lebih baik karena website yang terencana akan memberikan fungsi yang sesuai dengan maksud dan tujuan pembuatannya. Saat ini bermacam-macam jenis website, setiap jenis website memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebagai contoh website profil usaha, website jejaring sosial/ komunitas, website forum, website tiket, website katalog, website toko online, dan lain sebagainya.

Design dari website yang sesuai dengan keperuntukannya semestinya dibuat terlebih dahulu. Membuat konsep target/ sasaran website, menu navigasi apa saja yang harus ada, extension, plugin, modul serta komponan apa saja yang nanti diperlukan, juga tampilan website dengan tema yang mengarah pada pencitraan dan lain-lain.
 

Seni Design Website

Tampilan website erat kaitannya dengan seni visual 2 dimensi pada layar, baik layar pc maupun layar yang ada pada gadget. Tidak semua website membutuhkan standart grafis tertentu, namun sebenarnya hal ini sangat penting karena sebagai unsur yang erat kaitannya dengan pencitraan dari pemilik website itu.

Pada umumnya website profil usaha, website hotel,  website konsultan, website kontraktor, website bidang seni dan budaya, website lembaga formal, semuanya memiliki standart grafis sesuai dengan maksud pembuatannya. Memperhatikan unsur non teknis ini adalah sangat penting karena website tidak hanya diakses oleh mesin pencari namun oleh manusia yang memiliki rasa.

 

Memilih Design Website yang Sesuai Kebutuhan

Setelah menentukan tujuan dari pembuatan website, kita bisa memilih macam website yang diperlukan, kemudian menentukan tema/ tampilan websitenya. Merencanakan menu-menu/ navigasi website. Menghitung jumlah halaman yang berasal dari menu. Memasang extension yang berupa komponen, plugin, modul dan lain sebagainya.
 

Content Management System

Begitu banyaknya content management system (cms) yang ada saat ini, menjadikan mudah bagi kita untuk bisa memilih website sesuai dengan keperluan. Asalkan kita tidak salah memilih dalam menggunakan cms maka nantinya website kita tersebut akan dapat berfungsi maksimal sesuai dengan tujuan pembuatannya.

Cms portal, cms blog, e-commerce Cms dan masih banyak lagi. Masing-masing cms akan berfungsi maximal apabila kita gunakan sesuai dengan fungsinya dan tidak kita paksakan keperuntukannya. Untuk website usaha sederhana atau website pribadi kita bisa menggunakan cms seperti wordpress, joomla, drupal, cms made simple dan lain-lain. Sedangkan untuk website yang  diperlukan sangat banyak fungsi extension gunkanlah cms portal seperti joomla. Website toko online yang maximal tentu menggunakan cms yang memang untuk e-commerce, bisa jadi cms lain juga bisa digunakan untuk toko online akan tetapi tidak akan sebagus cms prestashop, open cart yang memang merupakan cms toko online.

 

Proses Membuat Website

Setelah kita meregistrasi domain dan membeli hosting ke pihak provider maka website siap dibuat. Konten website sebenarnya bisa diupload kemudian setelah default website yang menggunakan cms kita sudah online, karena saat ini sebenarnya membuat website cukup dengan memahami fungsi Cpanel yang ada pada akun kita pada saat membeli paket share hosting. Untuk secara detai bisa melakunnya silahkan ke halaman kursus pembuatan website di Semarang.
 

  • Memulai Membuat Website

Setelah domain bisa diakses lewat alamat browser dan kita sudah bisa masuk akun cpanel, website default akan bisa langsung jadi dalam hitungan menit karena saat ini menginstall perangkat lunak cukup dari cpanel. Benar, .. website bisa langsung jadi dalam 10 menit.

Setelah website bawaan cms ini jadi, kita harus menyesuaikan dengan keperluan kita sehingga nantinya website akan berubah secara total baik dari penampilan/ tema maupun fungsi tambahan yang lain seperti extension yang meliputi komponen, plugin, serta modul.

Pada dasarnya ada beberapa pengetahuan yang tidak bisa terlepas dari mendesain/ mendesign atau membuat website diantara :

Kalau pun kita belum banyak memahami bahasa pemrograman maupun scrip, nantinya bisa dipelajari sambil mempraktekan pembuatan website secara langsung. Karena memahami bahasa scrip haruslah dengan mencobanya. Namun dengan bekal dasar point di atas sudah cukup buat kita untuk memulai mendesign dan membuat sebuah website, tidak harus menguasai bahasa pemrograman terlebih dahulu.
 

  • Perlunya berlatih dalam membuat design website

Membuat website memerlukan latihan yang terus menerus, semakin sering kita membuatnya, semakin kita memahami website. Apabila sudah bisa membuatnya dan kita tidak pernah melatih lagi biasanya jadi lupa. Perkembangan teknologi pada dunia media informasi yang semakin pesat dewasa ini seakan tidak pernah habis kita untuk mempelajarinya.

Dahulu website hanya untuk akses di komputer saja namun hari ini kita harus pula memahami gadget sehingga website kita nantinya bisa diakses dari manapun dan dari apapun. Tema website yang harus responsive, mampu dibuka oleh gadget dan mudah akses navigasinya.
 

  • Evaluasi hasil design website setelah online

Setelah website jadi dibuat dan telah online, kita perlu mengevaluasi manakah fungsi website yang perlu dibenahi, ditambahkan ataupun dikurangi. Evaluasi dan update konten website merupakan pekerjaan rutin dari pemilik website agar websitenya selalu nyaman dan enak dikunjungi serta dapat menampilkan pencitraan yang diharapkan.
 

  • Publikasi Website

Untuk website yang mementingkan kunjungan alami dari trafik yang didatangkan mesin pencari, perlu sekali untuk memahami tentang seo (search engine optimization). Ditambah dengan banyak publikasi ke media jejaring sosial, forum-forum dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu kunci untuk memperoleh transaksi dari website kita.

Setelah pengunjung membuka alamat website kita, mereka haruslah mendapatkan yang dicari sehingga konten yang relevan menjadi sangat utama selain website yang bagus. Diharapkan dari banyaknya pengunjung yang mendatangi webite kita nantinya akan terjadi transaksi.

 

Update Website

Mengupdate website terbagi menjadi 3 macam diantaranya :
 

  • Update cms website

Update cms perlu dilakukan berkala dan mengikuti perkembangan dari perangkat lunak server kita agar nantinya website dapat berfungsi normal, mengurangi resiko dari hacking, serta memiliki keamanan yang baik, bagus posisinya di mesin pencari makro.
 

  • Update extension website

Extension website meliputi komponen, plugin, modul serta tema. Update extension ini diperlukan agar website dapat tetap selarah dengan perangkat linak server serta cms website. Dengan melakukan update extension secara berkala membuat website dapat diakses dengan baik dan dapat selalu berfungsi normal, mengurangi resiko adanya bugs pada extension, menambah security website agar selalu terjaga dari gangguan hacking.

 

  • Update konten website

Update konten dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Website yang jarang diupdate kontennya kurang menarik pengunjung serta mesin pencari. Sering melakukan update konten banyak berdampak pada record website di mesin pencari sehingga semakin sering website muncul pada pencarian mesin makro. Selain sering melakukan update konten, kita juga harus selalu check kapasitas share hosting kita agar nanti tidak terjadi over kapasitas.

 

Menambah Pengetahuan Tentang Website Yang Terus Menerus

Setelah website jadi, kemudian muncul di halaman awal mesin pencari, sebenarnya pekerjaan website belum lah usai. Masih ada pekerjaan di atas yaitu update website yang dilakukan sendiri oleh pemilik website. Teknologi presentasi media online yang terus berkembang, file pada server yang terus diupdate oleh provider server, hal inilah yang menyebabkan perlunya maintenance dan update website yang harus terus dilakukan sepanjang website masih digunakan sebagai media online kita.

Menambah pengetahuan tentang perangkat lunak content management system dan perangkat lunak yang menyertainya haruslah dilakukan agar selalu normal website yang digunakan.

 

Untuk Pemilik Website,

Untuk pemilik website yang harus diketahui apabila memiliki website diantaranya adalah :

Mengetahui tetapan layanan

Setelah website kita jadi, maka sebagai admin website adalah kita sendiri. Bisa menambahkan konten, mengedit konten, menghapus konten dan lain sebagainya. Pada saat melakukan pengisian konten hendaknya memperhatikan tetapan layanan yang disediakan dan kita setujui sebelum menggunakan jasa website tersebut, diantaranya penggunaan resource seperti cpu, ram, kapasitas ruang file, maupun memperhatikan macam konten yang akan kita upload. Hal ini perlu mendapatkan perhatikan agar website tidak terkena suspend oleh provider server.

 

Pemasangan Extension

Memasang extension yang berupa plugin, modul, komponen maupun tema website, harus lah berhati-hati agar extension tersebut tidak menyebabkan terkurasnya resource pada server yang mengakibatkan website tersuspend. Biasanya pemasangan plugin ditujukan untuk keperluan seo, namun hal ini bisa berdampak pada source server, lebih baik kita tidak menggunakan plugin tersebut dan memakai cara seo yang alami.

 

Update CMS, update extensions, plugins dan konten

Melakukan update website secara berkala dan terus menerus agar website selalu normal diakses oleh pengunjung.

 

Powered by Amazing-Templates.com 2014 - All Rights Reserved.